Apa Itu Restorasi Meiji?

Jepang merupakan negara maju untuk saat ini dan merupakan salah satu super power di asia maupun
dunia. Dalam berbagai bidang Jepang merupakan negara yang dominan, contoh saja dalam bidang
teknologi, ekonomi, kesehatan dan yang lainnya.

Tapi tahukah anda jika Jepang yang saat ini maju pesat dikarenakan satu kebijakan masa lalu? Tahukah kamu Apa itu Restorasi Meiji? Baiklah Pada kesempatan ini kita akan mengintip Apa itu Restorasi Meiji?


http://www.eksis.info/2017/04/apa-itu-restorasi-meiji.html
sumber gambar: afandri81.files.wordpress.com


Sebelum tahun 1867, Kaisar (Tenno) tidak memegang pemerintahan sendiri, ia tetap tinggal di dalam istana di Kyoto. Pemerintahan negara diserahkan kepada seorang Shogun. Pada tanggal 08 Nopember 1867 kekuasaan Shogun berakhir, Pemerintahan Jepang diserahkan kembali ke tangan Kaisar. Saat itu yang menjadi kaisar adalah Pangeran Mutshuhito dengan gelar Tenno Meiji.

Kaisar Meiji melakukan perbaikan di segala bidang kehidupan masyarakat Jepang. Perbaikan itu disebut Restorasi Meiji atau Pembaharuan Meiji atau Meiji Ishin atau Revolusi Meiji. Jepang berusaha mengejar ketinggalan-ketinggalan dari bangsa-bangsa barat.

Pemimpin-pemimpin Jepang sangat sadar pada kala itu bahwa bangsa barat memiliki kelebihan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh sebab itu, pemuda-pemuda Jepang banyak yang dikirim keluar negeri guna menuntut berbagai ilmu. Selain itu, Jepang juga mendatangkan pula tenaga-tenaga dari luar negeri. Dalam bidang pendidikan, wajib belajar diberlakukan. Dalam bidang militer, angkatan perang dimodernisasi.

Jepang juga meniru sistem pemerintahan barat. Dengan demikina setelah Restorasi Meiji dalam waktu yang cukup singkat Jepang menjadi negara yang maju. Jepang dapat mengangkat dirina sejajar dengan negara-negara barat. Jepang menjelma dari negara kolot menjadi negara modern.


Demikian penjelasan singkat dari saya mengenai Apa itu RestorasasiMeiji? Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Restorasi Meiji?"

Post a Comment